Breaking News

Tuesday 7 October 2014

Lens



Lensa canon sangatlah bervariasi mulai dari yang EF sampai EF-S dan L series, semuanya memberikan kualitas yang sangat luar biasa. Sekarang saya mau membahas tentang singkatan yang berada di lensa canon.

  • AF
          Singkatan dari Autofocus. Hampir semua lensa mempunyai fitur ini.
  • DO
          Diffractive Optics digunakan pada berbagai lensa telefoto canon, teknologi tersebut memungkinkan lensa-lensa panjang ini dikemas lebih kecil dan lebih ringan dari pada lensa ekuivalen yang menggunakan desain optik konvensional. Cara membedakannya sangat mudah, Lensa DO memiliki cincin Hijau pada ujungnya.
  • EF
          Singkatan dari Electronic Focus. Merupakan nama lens mount yang diperkenalkan canon pada SLR Autofocus pertamanya ditahun 1987. Lensa EF dapat dipakai pada semua SLR Canon.
  • EF-S
          Lensa Electronic Focus - Short back focus diperkenalkan oleh canon pada 2003. Lensa ini mmilii lingkaran gambar kecil sehingga hanya cocok digunakan pada SLR crop factor. Mount yang dimodifikasi menandakan bahwa lensa ini tidak dapat dipasang pada model canon yang tidak kompatiber(misalnya Full Frame).
  • F/x.x
          Nilai f-stop merupakan ukuran aperture maksimal lensa, yang diukur sebagai pembagian jarak focus lensa. Pada sebagian lensa zoom mungkin ada dua aperture yang disebut, misalnya f/3.5-5.6. Ini menandakan bahwa aperture maksimal mengecil ketika lensa melakukan zoom in. Aperture maksimal pada tabung lensa juga mungkin disebutkan sebagai perbandingan, misalnya 1:3.5-5.6.
  • IS
          Singkatan dari Image Stabilisation, pencegah guncangan kamera optik yang terdapat di banyak lensa Canon.
  • L
          Singkatan dari Luxury, dan digunakan untuk menyatakan lensa pro terbaik Canon yang memiliki kualitas konstruksi superior dan kemampuan tahan cuaca. Untuk membedakan lensa L sama tidak sangatlah mudah, Lensa L memiliki cincin merah pada ujung lensanya sedangkan yang tidak ya tidak memiliki cincin merah pada ujung lensa.
  • STM
          Stepping Motor.  Lensa yang memiliki stepping motor didalamnya sehingga pemfokusan lebih mulus dan hening. Cocok untuk Continous autofocus saat live view atau rekam video.
  • TS-E
          Tilt-Shift Electronic, seri lensa perspective control(PC-E)dari canon.
  • UD
          Ultralow Dispersion, tipe kaca yang digunakan pada lensa canon untuk mengurangi chromatic aberration.
  • USM
           UltraSonic Motor, motor autofocus cepat dan bersuara rendah yang dipakai pada sebagian lensa canon.

  Jika anda punya pertanyaan silahkan comment dibawah jika tidak ada saya mendoakan semoga kreatifitas fotografi anda meningkat, Semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua yang masih belajar untuk Fotografi, Semoga bisa mendapatkan karya yang indah agar dapat berguna bagi orang-orang disekitar anda ataupun Indonesia kita yang tercinta, Amien.
Salam Jepret.......

No comments:

Post a Comment

Designed By