Breaking News

Friday 17 October 2014

Exposure / Teknik Fotografi yang tepat

Ini Adalah segitiga Exposure, Kita akan membahas tentang Shutter Speed, Aperture, ISO dan Flash.
  • Shutter Speed
          Shutter Speed atau kecepatan rana adalah seberapa lama anda membiarkan sensor anda terbuka / Seberapa lama cahaya masuk ke sensor anda. satuannya adalah Second" atau detik", Jika anda membiarkan shutter terbuka lama misalnya 1 detik maka hasil foto akan blur dan dan terang, Jika anda membiarkan shutter terbuka cepat misalnya 1/8000 maka hasil foto akan freeze dan gelap. Keuntungan memakai shutter lambat adalah bisa digunakan pada area yang kekurangan cahaya atau gelap, menunjukan efek gerak sedangkan keuntungan memakai shutter cepat adalah bisa membekukan aksi seperti orang berlari, loncat, dll.

@Shutter lambat =  * Blur.
                               * Terang.
                               * Cocok pada kondisi pencahayaan kurang.
                               * Menunjukan efek gerak dengan teknik panning.
@Shutter cepat =    * Freeze.
                               * Gelap.
                               * Cocok untuk foto aksi.
                               * Menangkap gerakan yang relatif cepat.
  • Aperture
          Aperture atau diafragma atau bukaan adalah seberapa besar cahaya yang boleh mengenai sensor. diafragma berada di lensa, jadi tiap lensa memiliki diafragma yang berbeda-beda tetapi kebanyakan lensa memiliki diafragma yang sama. Satuannya adalah F/x (x adalah berapa bukaannya), bukaan lensa bisa bermacam seperti F/1, F/2, F/3, F/4, F/5, ....... dan seterusnya.








Bukaan angka Diafragma sebenarnya terbalik, seperti foto berikut. Bukaan terbesar angkanya adalah paling kecil dan bukaan terkecil angkanya adalah paling besar.


Jadi semakin besar bukaan lensa semakin banyak cahaya masuk, semakin kecil bukaan lensa semakin sedikit cahaya masuk.


Bukaan besar = Angka kecil.  Contoh: f/1.4
Bukaan kecil  = Angka besar. Contoh: f/22








  • ISO 
          ISO atau ASA adalah sensitifnya sensor terhadap cahaya. Semakin tinggi ISO semakin sensitifnya sensor terhadap cahaya jadi foto akan nampak lebih terang Contoh: ISO 1600, Sedangkan semakin rendah ISO semakin tidak terlalu sensitifnya sensor terhadap cahaya Contoh: ISO 100. Tetapi ISO tinggi memiliki kekurangan yaitu semakin tinggi ISO semakin banyak sensor memproduksi Noise, Noise adalah bintik-bintik warna warni pada foto. Ada orang yang suka memakai ISO tinggi tetapi tidak terlalu tinggi seperti ISO 800 agar hasil fotonya memiliki tekstur halus, Ada juga yang tidak suka pake ISO tinggi karena memproduksi Noise tinggi.
Lihatlah foto berikut ini adalah noise tinggi seperti gambar no.4 ISO 6400, terdapat banyak sekali noise didalamnya berbeda dengan ISO 100 yang hampir tidak terlihat noisenya.

Orang-orang biasanya menggunakan ISO tinggi pada saat kondisi tidak boleh menggunkan flash built-in ataupun eksternal atau kondisi pencahayaan yang kurang.

Tetapi ada ada juga orang memakai ISO rendah pada kondisi memakai flash ataupun eksternal atau kondisi pencahayaan yang terlalu terang dan bisasanya ISO rendah seperti ISO 100 digunakan untuk pemotretan light trail atau Star trail.
ISO tinggi    = Sensor lebih sensitif
                      Noise lebih tinggi
                      Contoh: ISO 1600 atau lebih
ISO rendah = Sensor tidak terlalu sensitif
                      Noise lebih rendah
                      Contoh: ISO 600 atau kurang
 Kelihatannya saya sudah membahas semua tentang Shutter speed, Aperture dan ISO. Jadi ketika kita bisa mendapatkan pengaturan yang tepat sesuai keinginan kita, kita dapat menghasilkan foto yang bagus ataupun bercerita.

  Jika anda punya pertanyaan silahkan comment dibawah jika tidak ada saya mendoakan semoga kreatifitas fotografi anda meningkat, Semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua yang masih belajar untuk Fotografi, Semoga bisa mendapatkan karya yang indah agar dapat berguna bagi orang-orang disekitar anda ataupun Indonesia kita yang tercinta, Amien.

Salam Jepret.......

No comments:

Post a Comment

Designed By